Profil lengkap Vitamin B5: Metabolisme, Mekanisme Biokimia, Defisiensi, Faktor Resiko dan Toksisitas

Vitamin B5 (Asam Pantotenat) 

Struktur kimia vitamin B5


  • Metabolisme Vitamin B5

    Setelah terserap, asam pantotenat bebas dibawa dalam sirkulasi ke hati dimana mayoritas diambil oleh sodium-coupled, pengangkut aktif sekunder. Didalam jaringan mamalia, CoA disintesis dari asam pantotenat dalam lima tahap enzimatik. Diperlukan tiga substrat untuk mensintesis CoA: asam pantotenat, ATP dan sistein. Kontrol tikus langkah dalam sintesis adalah konversi asam pantotenat menjadi asam 4'-fosfopantotenat oleh pantothenate kinase. Level jaringan CoA disimpan diperiksa dengan penghambatan umpan balik dari pantothenate kinaseoleh CoA, asetil-KoA atau metabolit terkait.



  • Mekanisme Biokimia Vitamin B5

    Koenzim A: 
    Dalam metabolisme karbohidrat, piruvat diproduksi oleh glikolisis harus menjalani oksidatif reaksi dekarboksilasi dengan CoA untuk membentuk asetil-CoA (CH3-CO – S – CoA dalam reaksi biokimia) sebelum gugus asetil dapat bereaksi dengan oksaloasetat untuk menghasilkan sitrat dalam siklus asam trikarboksilat. Dalam metabolisme asam amino, leusin dideaminasi untuk membentuk asam isovalerylformic asam keto, yang bereaksi dengan CoA untuk menghasilkan serangkaian zat antara, akhirnya menimbulkan asam asetoasetat dan asetil-CoA. 

    Protein pembawa asil:
    Sebagai bagian integral dari asam lemak synthase, terlibat dalam biosintesis asam lemak. Selain dari lemak makanan, sumber utama asam lemak dalam tubuh binatang adalah karbohidrat, yang rusak turun ke piruvat oleh jalur glikolitik di sitoplasma semua sel. Piruvat bergerak dengan difusi pasif dari sitosol ke dalam matriks mitokondria di mana (1) dioksidasi menjadi asetil-KoA dan (2) karboksilasi menjadi oksaloasetat.
                Asetil-KoA adalah bahan awal untuk sintesis asam lemak. Pembentukan asetil-KoA dalam pose mitokondria bermasalah karena kompleks enzim diperlukan untuk sintesis asam lemak (fatty acid synthase) terletak di sitosol. Sel menghindari masalah ini dengan mengikuti jalan. Asetil-KoA dan oksaloasetat bereaksi bersama-sama membentuk CoA dan sitrat, dan yang terakhir diangkut keluar dari mitokondria ke sitosol. Dalam sitosol sitrat bereaksi dengan CoA untuk membentuk oksaloasetat dan asetil-Co. Asetil-KoA, dengan yang dibutuhkan sejumlah ATP dan NADPH, kemudian siap untuk digunakan sebagai substrat untuk membentuk palmitat.
  • Defisiensi Vitamin B5

    Pengamatan klinis  yang dilakukan terhadap akibat dari defisiensi vitamin B5 adalah lekas marah, gelisah, kantuk, susah tidur, terganggu koordinasi motorik, dan manifestasi neurologis seperti mati rasa dan sindrom 'kaki terbakar'. Gejala yang paling persisten dan menyusahkan adalah kelelahan, sakit kepala dan sensasi kelemahan. 

    Faktor Resiko Vitamin B5



    Faktor resiko hanya terjadi jika diberikan antagonis (omega-methyl pantothenic acid).

    Toksisitas Vitamin B5

    Tidak ada efek toksik yang diketahui dari konsumsi asam pantotenat oral  pada manusia atau hewan.

     





     Lihat penjelasan lengkap vitamin B Kompleks lainnya dan Daftar Pustaka disini: 
    Profil lengkap vitamin B Kompleks

Comments

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can speak to your crush... that will induce deep emotions of love and impulsive appeal to you deep within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, please and care for you with all his heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to try harder than ever before to to be the best lover he can be.

    Matter-of-fact, triggering this mighty impulse is absolutely essential to having the best possible relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll soon notice him expose his mind and soul to you in a way he haven't experienced before and he'll perceive you as the only woman in the world who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling banyak dilihat

Jurnal Praktikum Ilmu Resep. Resep: 5

Tabel Angka Romawi 1-100 beserta Cara Pengucapannya dalam Bahasa latin

Contoh Jurnal Praktikum SMK Farmasi: Resep 1