Profil lengkap Vitamin B1: Metabolisme, Mekanisme Biokimia, Defisiensi, Faktor Resiko dan Toksisitas

Vitamin B1 (Thiamin)




Rumus empiris dari garam hidroklorida tiamin adalah C12H17N4OSCl.HCl dan nama kimianya adalah 3-(40-amino-20-methyl-pyrimidin-50-ylmethyl)-5-(2-hydroxyethyl)-4-methylthiazolium chloride hydrochloride. 

  • Metabolisme Vitamin B1

     Setelah penyerapan, vitamin B1 dibawa oleh saluran darah ke hati. Baik non-phosphorylated thiamin dan thiamin monofosfat beredar di aliran darah, diantaranya terikat protein plasma. Pada orang dewasa normal, 20 – 30% dari total thiamin dalam plasma adalah protein-terikat.
     Didalam hati dan jaringan lain, tiamin diubah menjadi bentuk koenzimnya, TPP, oleh aksi katalis tiamin pirofosfokinase:
     Thiamin + ATP → TPP + AMP
     Didalam otak dan jaringan saraf lain, beberapa TPP diubah menjadi taimin trifosfat (TTP) oleh tiamin pirofosfat-ATP fosforiltransferase:
     TPP + ATP →TTP + ADP
Jaringan saraf juga mengandung tiamin pirofosfat yang mengubah dalam jumlah kecil TPP menjadi Tiamin monofosfat (TMP) dan inorganik fosfat:
     TPP →TMP + PPi
Juga didalam jaringan saraf, TTP dihidrolisasi oleh tiamin trifosfat menjadi hasil TPP dan inorganik fosfat
     TTP →TPP + PPi
Masih sama didalam jaringan saraf, TMP dihidrolisasi menjadi tiamin oleh tiamin monofosfat
     TMP → Tiamin + PPi

  • Mekanisme Biokimia Vitamin B1

Vitamin B1 Biokimia

     Dalam jaringan Mamalia, TPP adalah koenzim untuk tiga enzim mitokondria yang terlibat dalam oksidatif Dekarboksilasi asam α-keto; enzim ini kompleks piruvat dehidrogenase (EC 1.2.4.1), α-ketoglutarate dehidrogenase (EC 1.2.4.2) dan rantai cabang α-keto asam dehidrogenase (EC 1.2.4.4). Keterlibatan dehidrogenase ini dalam siklus tricarboxylic acid. Selain itu, TPP adalah koenzim untuk transketolase (EC 2.2.1.1), yang ditemukan di sitsol.

  • Defisiensi Vitamin B1

     Pada manusia, kekurangan vitamin B1 dapat memiliki efek yang luas, menyebabkan anorekesia dan penurunan berat badan, gangguan gastrointestinal, periferal dan pusat neuropati, kelemahan otot, dan penyakit kardiovaskular. Dengan kekurangan vitamin B1 yang parah, perubahan mental yang berkembang seperti hilangnya kontrol emosi, paranoid, depresi dan kebingungan. Penyakit klasik yang dihasilkan dari defisiensi vitamin B1 pada manusia adalah beri-beri dan sindrom Wernicke–Korsakoff.

  • Faktor Rresiko Kekurangan Vitamin B1

     Kekurangan vitamin B1 dapat terjadi dalam situasi Diet, alkoholisme kronis, diare berlebihan atau mengalami muntah, malabsorpsi dan Cacat metabolik genetik. Overloading jaringan dengan glukosa tanpa cakupan thiamin yang memadai juga dapat memicu defisiensi, dan juga penggunaan diuretik. Penyakit di mana metabolik tinggi (misalnya hipertiroidisme) juga dapat menyebabkan defisiensi.

  • Toksisitas Vitamin B1

                 Thiamin menjadi non toksik oleh rute oral karena kelebihan Tiamin tertelan dengan cepat diekskresikan dalam urin. Dosis parenteral besar dari thiamin diberikan dalam jangka panjang telah dilaporkan menghasilkan manifestasi klinis dan dalam beberapa kasus menyebabkan kematian.







Lihat penjelasan lengkap vitamin B Kompleks lainnya dan Daftar Pustaka disini:




Comments

Paling banyak dilihat

Jurnal Praktikum Ilmu Resep. Resep: 5

Tabel Angka Romawi 1-100 beserta Cara Pengucapannya dalam Bahasa latin

Contoh Jurnal Praktikum SMK Farmasi: Resep 1