Apa yang Dimaksud dengan Anatomi / Materi Kuliah Anatomi Belajar Tentang Apa?

Pengantar Ilmu Kesehatan

ANATOMI

pengantar ilmu anatomi
pict source: wikipedia

Pengertian Anatomi

Anatomi berasal dari bahasa Yunani yaitu anatomia dan kata anatemein. Kata anatemein merupakan gabungan dari 2 kata yaitu "ana" berarti atas dan "temein" berarti memotong. Jadi bisa diartikan bahwa anatomi berarti memotong dan mengangkat tubuh bagian makhluk hidup ke atas untuk mengetahui dan menyelidiki bagian yang ada didalamnya. Singkatnya anatomi atau ilmu urai adalah ilmu yang mempelajari susunan tubuh dan hubungan bagian-bagiannya satu sama lain.

Anatomi regional mempelajari letak geografi bagian tubuh setiap region atau daerah. Misalnya lengan, tungkai, kepala, dada, dan seterusnya ternyata terdiri atas sejumlah struktur atau susunan yang umum didapati pada semua region. Struktur itu meliputi tulang, otot, saraf, pembuluh darah, dan seterusnya. Dengan dasar penelaahan seperti itu dijumpai sejumlah sistem jaringan yang berbeda beda semua itu dikelompokkan bersama dan diterangkan dalam anatomi sistematik.

Dalam mempelajari letak dan hubungan satu bagian tubuh tidak dapat dipisahkan dari pengamatan terhadap fungsi setiap struktur dan sistem jaringannya, hal ini membawa kita ke penggunaan istilah anatomi fungsional yang bertalian erat dengan fisiologi. Kemudian diketahui pada struktur struktur tertentu yang dapat dilihat dengan mata telanjang: anatomi makroskopis dan yang dapat dilihat melalui mikroskop anatomi mikroskopis.

Pembagian ilmu anatomi yaitu:

Belajar anatomi
  1. Ilmu urai: ilmu yang memisahkan bagian tubuh makhluk hidup.
  2. Morfologi: ilmu yang mempelajari bagian bentuk bangunan makhluk hidup.
  3. Zootomy: ilmu yang mempelajari anatomi hewan.
  4. Phytotomy: ilmu yang mempelajari anatomi tubuh tumbuhan.

Berdasarkan titik berat untuk mempelajari anatomi maka anatomi dibagi menjadi 7 cabang ilmu yaitu :

  1. Ertologi: mempelajari tentang sel.
  2. Histologi: mempelajari tentang jaringan.
  3. Osteologi: mempelajari tentang tulang.
  4. Arthrologi: mempelajari tentang persendian.
  5. Myologi: mempelajari tentang otot.
  6. Neorologi: mempelajari tentang saraf .
  7. Antropologi: mempelajari tentang ukuran organ tubuh

Istilah-istilah yang Digunakan dalam Anatomi

  • Posisi Anatomi: Tubuh manusia dipelajari dalam keadaan berdiri tegak dengan kedua lengan di sisi terbuka dan telapak tangan menghadap ke depan, kepala tegak dan mata memandang lurus ke depan.
  • Interna dan eksterna: Digunakan untuk melukiskan jarak relatif sebuah organ atau struktur terhadap pusat rongga. Iga-iga misalnya, mempunyai permukaan internal yaitu menghadap ke sebelah luar arteri karotis. Interna terletak didalam rongga tengkorak sedangkan yang eksterna terletak di sebelah luar. 
  • Superfisial (di permukaan) dan profunda (didalam): Digunakan untuk menunjukkan jarak relatif dari permukaan tubuh.
  • Superior dan inferior: Menunjukkan letak relatif tinggi atau rendah, khususnya dalam perbandingan dengan badan. Seperti permukaan Superior dan inferior dari klavikula atau tulang selangka.
  • Anterior dan Posterior: Merupakan sinonim ventral dan dorsal. Istilah-istilah ini hanya digunakan untuk orang dalam posisi anatomi. Misalnya Arteri tibialis anterior terletak di depan tungkai bawah dan posterior terletak di belakang tungkai bawah. 
  • Palmar dan dersal: Istilah yang digunakan untuk melukiskan permukaan telapak tangan.
  • Plantar dan dorsal: Istilah yang digunakan untuk melukiskan permukaan telapak kaki.
  • Proksimal dan distal: Dipakai untuk menunjukkan jauh-dekat atau jarak dari sebuah titik tertentu. Misalnya palang proksimal lebih dekat pergelangan tangan daripada yang distal, yang terletak lebih jauh.
  • Letak medialis, intermedialis, dan lateralis: Melukiskan bila tiga struktur terletak dalam satu garis yang berjalan mulai dari bidang median tubuh ke samping luar.
  • Letak anterior medialis dan posterior: Melukiskan bila tiga struktur terletak dalam sebuah garis yang berjalan dari depan ke belakang. Posterior terjadi pada letak ke 3 fasa tengkorak.
  • Letak Superior medialis dan inferior: Melukiskan bila 3 struktur terletak dalam sebuah Garis dari atas ke bawah. Inferior terjadi pada letak urutan sendi-sendi radio-ulnaris.

Istilah-istilah yang dipakai untuk membagi tubuh manusia

1. Bidang median: yaitu suatu bidang datar yang melalui tengah-tengah tubuh kita sedemikian rupa sehingga menjadi dua bagian yang simetris yaitu bagian kiri (sinister) dan kanan (dexter)
2. Bidang frontal: yakni bidang tegak lurus di daerah median lewat sumbu tubuh dan membagi tubuh menjadi bagian depan (anterior) dan belakang (posterior).
3. Bidang transversal: bidang yang tegak lurus pada bidang median dan juga tegak lurus dengan bidang frontal terbagi menjadi bagian atas (superior) dan bawah (inferior)
4. Bidang sagital: bidang yang sejajar dengan bidang median.


__________________________________________
Tunggu artikel lainnya yang berkaitan dengan ilmu anatomi!
See you on next article PharmacyLearners!
Wanna ask about pharmacy?
kindly contact by email pharmacylearner@gmail.com
or comment below↓


Comments

Paling banyak dilihat

Jurnal Praktikum Ilmu Resep. Resep: 5

Tabel Angka Romawi 1-100 beserta Cara Pengucapannya dalam Bahasa latin

Contoh Jurnal Praktikum SMK Farmasi: Resep 1